Wednesday, September 2, 2009

Kabupaten Cirebon

Kabupaten Cirebon, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Sumber. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes (Jawa Tengah) di timur, Kabupaten Kuningan di selatan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu di barat, serta Kota Cirebon dan Laut Jawa di utara.

Kabupaten Cirebon terdiri atas 40 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Sumber, yang berada di sebelah selatan Kota Cirebon.
Cirebon berada di jalur pantura, sebagai pintu gerbang utama provinsi Jawa Barat di sebelah timur, yakni di kecamatan Losari. Pada waktu musim mudik, jalur ini merupakan salah satu yang terpadat di Indonesia. Cirebon juga terapat jalan tol Palimanan-Kanci.
Cirebon merupakan salah satu kabupaten terpadat di Jawa Barat. Penduduk Cirebon di bagian utara umumnya menggunakan Bahasa Jawa Dialek Cirebon sebagai bahasa sehari-hari. Dialek Cirebon merupakan ragam Bahasa Jawa yang cukup berbeda dengan Bahasa Jawa Standar, yang dituturkan di pesisir timur Jawa Barat. Sedangkan penduduk di bagian selatan pada umumnya telah terpengaruh oleh budaya Sunda.

Ditulis Oleh : Vicky Sonya Hari: 6:01 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment